Friday, November 9, 2012
NAMA : MENA SUKRIANI
NIM : 1001120236
MATA KULIAH : STRATEGI DAN KEBIJAKAN PRODUKSI
PT. Unilever Indonesia
1. Diversifikasi
Strategi Diversifikasi
(Diversification Strategies) dilakukan dengan tujuan menganekaragamkan produk
yang terkait dengan rantai nilai dalam rangka mengurangi resiko. Strategi
Diversifikasi Terkait dengan menambah produk baru, namun masih terkait akan
meningkatkan penjualan produk yang ada saat ini secara signifikan yang
ditawarkan dengan harga yang sangat bersaing.
PT. Unilever Indonesia, Tbk.
tidak akan berniat menguasai industri dari hulu sampai hilir meskipun memiliki
kemampuan dari segi pendanaan. Pertumbuhan organik lebihdiharapkan. Selama lima
sampai tujuh tahun terakhir lebih mudah bagi kami untuk melakukan akuisisi.
Unilever selalu menggunakan dana keuangan internal, tidak perlu injeksi dana
kantor pusat dalam melakukan strategi akuisisi. Ia menekankan, akuisisi hanya
akan dilakukan jika bisa mendukung bisnis utama Unilever yaitu consumer goods.
Memang, akuisisi merupakan bagian dari strategi PT Unilever Indonesia (UI)
untuk memperbesar pertumbuhan bisnisnya. Tak heran, perusahaan yang beromset Rp
9,6 triliun per September 2007 ini memiliki Divisi Merger & Akuisisi
di bawah Direktur Keuangan. Sebagian besar akuisisi yang dilakukan Unilever
Indonesia adalah merek produk kategori baru, di mana mereka mengakuisisi
keterampilan baru dan membangun landasan baru untuk mengembangkan bisnis secara
keseluruhan dalam 15-25 tahun ke depan. Keuntungan akuisisi yaitu hasil akuisisi
memang lebih cepat penetrasinya, pertumbuhannya lebih cepat, lebih aman dan dinilai
lebih berhasil dibanding membuat merek baru karena dalam membuat merek baru harus
mempelajari pasar.
·
PT. Unilever Indonesia, Tbk. Mulai terjun di bisnis Kecap dengan mengakuisisi
Bango dari PT Sakura Aneka Food pada 2000. Kecap Bango merupakan kasus akuisisi
merek beserta produksinya dari PT Sakura Aneka Food - Perusahaan keluarga Tjoa
Eng Nioyang didirikan sejak 1928 di Tangerang. Nilai akuisisinya sekitar Rp 100
miliar.
·
Pada tahun 2007, PT. Unilever Indonesia, Tbk. menggenapi
kepemilikan atas kecap bango dengan mengakuisisi sisa 35% kepemilikan minoritas
bisnis Kecap Bango.Pada tahun 2007, PT Unilever Indonesia, Tbk. telah
menandatangani perjanjian bersyarat dengan PT Ultrajaya Milk Industry &
Trading Company Tbk (Ultra) sehubungan dengan pengambilalihan industri minuman
sari buah melalui pengalihan merek “Buavita” dan “Gogo” dari Ultra ke Unilever.
Proses akuisisi ini akan diselesaikan pada tahun 2008, perseroan menganggarkan
Rp400 miliar di luar belanja modal.
2. Inovasi
Beberapa
contoh inovasi produk yang dilakukan oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk.
·
Sunsilk
Rambut yang lebih halus dan lebih
lurus
Ada satu alasan
yang baik mengapa Sunsilk menjadi merk perawatan rambut nomor satu di Asia,
Amerika Latin dan Timur Tengah serta tumbuh pesat di Eropa. Kami memliki
teknologi untuk memenuhi kebutuhan perawatan rambut anda.
Halus dan lurus tanpa kusut
Kami telah meluncurkan produk baru Sunsilk
Straight and Smoothing yang diperuntukkan
khususnya bagi yang menginginkan rambutnya terlihat halus, lembut dan lurus.
Kami melihat bahwa produk-produk yang ada membuat rambut mereka terlihat berat
dan berminyak, bukannya menjadi lembut seperti sutra.
Teknologi yang paham
perbedaan
Jadi kami
memfokuskan riset kami tentang mengapa dan apa yang bisa kami lakukan terkait
hal itu. Dari riset yang luas tentang serat rambut, kami tahu bahwa akar
dan ujung helai rambut kita mempunyai kimia permukaan yang berbeda, yang
secara ideal, memerlukan perawatan yang sedikit berbeda – tidaklah mudah untuk
melakukan sesuatu dengan berdiri di bawah pancuran saat tergesa-gesa untuk
bekerja.
Beraksi saat diperlukan
PT. Unilever Indonesia, Tbk. mengembangkan teknologi yang dalam satu
sampo bisa menargetkan kegiatan pengkondisian untuk beraksi pada saat paling
dibutuhkan. Kami menggunakan polimer berfungsi ganda, yang memiliki satu domain yang melekat pada cairan conditioning aktif, dan domain kedua yang mencari rambut kusut atau rusak. Cairan conditioning, dilapisi oleh polimer, mengendap di tempat di mana
dibutuhkan – khususnya di ujung helai rambut – menghaluskan dan membantu rambut
anda kelihatan lurus dan lembut.
Sekarang kami juga memiliki produk kondisioner dan krim
Sunsilk Silky Straight, semua membantu rambut anda terlihat halus dan lembut
alami, dari akar sampai ujung helai, tanpa kesan berat dan berminyak. Membantu
anda berpenampilan baik dan merasa nyaman.
·
Magnum
Teknologi pelopor untuk Magnum
Temptation
Sejak peluncurannya
di Eropa pada awal 90-an, Magnum telah tumbuh menjadi salah satu merk Unilever
yang terbesar, membawa kelezatan coklat yang sesungguhnya untuk pasar es krim
dewasa. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir produk ini telah ditiru secara
luas dan pada tahun 2005 muncul kebutuhan untuk membangun kembali kepemimpinan
dan keunggulannya.
Ide
Seiring dengan trend untuk kenikmatan sensorik yang lebih besar, kami
memutuskan untuk meluncurkanplatform produk baru yang mengantarkan pengalaman kompleks dan berkelas. Konsep ‘blow
me away’. Ini akan memungkinkan konsumen
yang tanggap untuk pindah ke kualitas yang lebih tinggi daripada Magnum
standar.
Tantangan
yang berbeda
Penawaran menyeluruh ini memerlukan perubahan dalam hal
pengalaman visual, persepsi dan indrawi. Dalam kata lain, suatu bentuk sensasi baru yang unik,
gigitan sempurna pada lapisan atas coklat dan kualitas es krim yang lain dari
yang lain.
Kami ingin menggabungkan semua level yang terbaik. Sebagai
contoh, ada yang mengandung saus yang dikombinasikan dengan coklat dan potongan brownies. Yang lain, potongan almond yang lembut pada coklat dengan saus karamel. Dan kami
ingin semua ini ditawarkan dalam format yang menggugah, yang mana ini berarti
lebih pada bentuk es krim dalam tangkai ketimbang dalam wadah.
Semua yang dibutuhkan
ini menginspirasi kreatifitas para ahli R & D es krim kami.
Teknologi baru
Kami mengembangkan proses pembentukan baru dengan menggunakan
cetakan yang sesuai sehingga memungkinkan kami membentuknya secara tiga dimensi
dalam pembuatannya. Berevolusi selama lebih dari satu dekade oleh tim di
Colworth, teknologi cold
roller pelopor ini diperuntukkan untuk
mengubah format stik.
Pengujian yang ektensif melibatkan uji coba produksi yang
terus berlangsung selama tiga hari. Kami juga harus mengamankan paten-nya,
pendaftaran desain serta kebebasan untuk menggunakan persetujuannya. Untuk
mewujudkan inovasi ini tepat waktu, kolaborasi yang kuat diperlukan antara
R&D, Pengembangan Merk,Supply Chain dan sumber daya serta fungsi pendukung lainnya.
Desain kemasan
Dikembangkan
melalui inovasi terbuka dengan rekanan strategis, kemasan yang baru dan menarik
secara visual adalah bagian tak terpisahkan dari konsep alami yang berkelas.
Desain yang cerdas mengena pada konsep keseimbangan antara dampak lingkungan
hidup yang minimal melalui penggunaan materi-materi yang bisa diperbaharui
dengan perlindungan produk yang efektif. Hal lainnya adalah untuk menguatkan
ritual konsumen: buka segel dan buka kotak untuk menikmati produknya dalam
kemasan lembut yang terbuat dari selulosa; dikelilingi ‘emas’ di dalam karton.
Pemikiran tentang
kotak perhiasan dalam desain fungsi dan grafis, setiap macamnya mempunyai warna
khas sendiri dalam kartonnya.
Hasil di pasaran
Pada tahun 2007, kami meluncurkan Magnum Temptation di Italia, Spanyol dan Switzerland. Pada tahun 2008,
kami memperluas ke bagian Eropa yang lain dengan varian dark
chocolate. Pada tahun 2009, kami memperluas
kapasitas dan memperkenalkan varian buah untuk mencakup ragam kesukaan
konsumen.
Sebagai terobosan, inovasi Magnum Tempation telah meraih keberhasilan seperti yang diharapkan.Produk ini sekarang
sedang disebar-luaskan ke Unilever yang lain.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment